tanda kulit bibir kehilangan kelembabannya
Kesehatan

5 Tanda Kulit Bibir Kehilangan Kelembabannya

lovelyajmi.com – Puasa merupakan ibadah wajib yang harus dijalankan oleh semua umat muslim di bulan Ramadhan. Yang berarti saat berpuasa, tubuh berhenti mengonsumsi cairan dan sumber energi dari Imsak hingga menjelang Maghrib, kurang lebih sekitar 12 jam setiap harinya.

Padahal, aktivitas yang dilakukan tubuh tidak kalah padatnya. Hal ini mengakibatkan tubuh mengalami kekurangan cairan. Selain tubuh yang merasa lemas dan kulit menjadi kering, kulit bibir pun terkadang kena imbasnya.

Keringnya kulit bibir akan membuatnya menjadi pecah-pecah. Akibatnya, penampilan anggunmu berkurang lantaran bibir tak lagi elok. Kenyamanan dalam penampilan dan rasa percaya diri pun berkurang.

Apakah kamu pernah mengalaminya juga? Yuk segera cek dulu tandanya berikut ini.

1. Bibir Kering

Bibir kering merupakan salah satu tanda jika bibir kehilangan kelembabannya. Hal ini dikarenakan asupan cairan ke tubuh menipis. Selain akan merasa haus, bibir akan menjadi kering, tebal, dan akhirnya mudah terkelupas. Namun jangan sekali-kali mengelupas bibir yang kering, karena nantinya akan terjadi luka dan bisa berdarah pada bibir.

minyak zaitun untuk atasi bibir kering dan pecah-pecah

Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan pelembab bibir atau bisa menggunakan minyak zaitun, serta saat berbuka dan sahur jangan lupa untuk mengonsumsi air yang cukup.

2. Bibir Pecah-Pecah

Pada siang hari, kulit tubuh juga melakukan proses regerasi. Namun, karena sedang puasa dan konsumsi air putih berkurang, proses regerasi pada kulit menjadi terhambat. Hal ini menyebabkan sel-sel kulit bibir terbelah dan pecah. Pada tingkat yang lebih tinggi, bibir pecah ini dapat menimbulkan luka bahkan iritasi.

madu untuk atasi bibir kering dan pecah-pecah

Kamu bisa menggunakan madu untuk mengatasi bibir pecah-pecah ini. Namun, jangan oleskan madu ini saat sedang berpuasa. Kamu bisa melakukan perawatan ini ketika malam hari atau sebelum tidur. Ketika sahur, minum madu sekitar 2 sampai 3 sendok makan. Selain membuat bibir lembab, mengkonsumsi madu saat sahur pun dipercaya akan membuat tubuh kuat saat puasa.

3. Kehilangan Elastisitas

Salah satu tanda bibir kehilangan kelembabannya adalah elastisitas yang berkurang. Biasanya ditandai dengan rasa kaku saat dibuat berbicara. Apalagi, jika kamu seharian berada di ruangan ber-AC, udara yang dingin dan kering akan membuat kulit bibir semakin memburuk. Bisa menjadi bibir kering dan pecah-pecah.

timun untuk atasi bibir kering dan pecah-pecah

Saat dirumah kamu bisa memenafaatkan timun untuk melembabkan kulit bibir. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengiris timun dan masukkan ke dalam air dingin. Kemudian, tempelkan timun pada bibir sambil diiring dengan pijatan lembut. Cara seperti ini akan membuat bibir kembali terhidrasi dan tidak kaku. Kamu bisa melakukannya sebelum tidur.

4. Warna Bibir Gelap

warna bibir jadi gelap karena kehilangan kelembaban

Pernah merasa warna bibir kamu menjadi lebih gelap? Hal ini disebabkan oleh kulit bibir yang kehilangan kelembabannya. Pigmen bibir yang tadinya pink kemerahan jadi berubah menghitam. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan eksofoliasi kulit bibir menggunakan bahan alami. Lakukan minimal seminggu sekali untuk mengembalikan warna alaminya.

5. Sariawan

jeruk mengandung banyak vitamin c

Kehilangan kelembaban kulit bibir juga ditandai dengan munculnya sariawan. Hal ini dikarenakan minimnya produksi air liur, sehingga kulit bibir menjadi terluka. Rasa sakit pada bibir ini tentunya tidak nyaman sama sekali. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi banyak air putih pada saat berbuka, malam hari dan saat sahur. Jangan lupa untuk mengonsumsi banyak sayuran dan buah yang kaya akan vitamin, mineral dan serat.

Demikianlah 5 tanda kulit bibir kehilangan keelastisannya disaat puasa. Ada baiknya kamu mencegahnya terlebih dahulu daripada nanti saat sudah terkena tanda-tanda diatas. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.