tips mudik bersama si kecil
Tips

6 Tips Agar Si Kecil Tak Rewel Saat Mudik

lovelyajmi.com – Tidak terasa lebaran atau Hari Raya Idhul Fitri sebentar lagi menyapa. Selain momen untuk bermaaf-maafkan, momen lebaran juga sangat identik dengan libur panjang dan mudik ke kampung halaman. Jadi, apakah kamu termasuk salah satu dari orang yang akan mudik tahun ini?

Berbicara mengenai mudik, situasi seperti ini menjadi situasi yang bisa dibilang cukup ribet dan butuh persiapan yang benar-benar matang dari jauh-jauh hari. Terlebih lagi, jika kamu mudik dengan menggunakan kendaran umum atau kendaraan pribadi dan harus membawa balita juga. Ini harus disiapkan dengan baik apa-apa saja yang diperlukan saat diperjalanan mudik, namun tetap harus membuat buah hati tenang dan nyaman.

Berikut ini ada beberapa tips supaya si kecil tidak rewel saat ikut mudik. Simak baik-baikĀ  ya Bund…

Pilih Kendaraan Umum Atau Kendaraan Pribadi Untuk Mudik

Tips Agar Si Kecil Tak Rewel Saat Mudik

Jika memilih kendaraan umum, pastikan untuk memilih yang terbaik dan membuat nyaman untuk mudik. Bisa memilih kereta api atau pesawat terbang yang memiliki ruang tempat duduk yang cukup luas. Karena ruang yang cukup luas, akan membuat kamu maupun buah hati jadi lebih nyaman serta tenang. Kalau mudik dengan bus, usahakan memilih bus yang nyaman dan tidak terlalu sesak. Atau bayar kursi lebih untuk mendapatkan tempat nyaman di kendaraan umum.

Dan untuk mendapatkan kendaraan umum yang nyaman, maka pesanlah tiket kendaraan umum baik itu untuk kereta, bus, pesawat terbang atau kapal laut sejak jauh-jauh hari. Memesan tiket sejak jauh-jauh hari bisa membantumu mempersiapkan mudik dengan lebih baik dan matang.

Untuk kamu yang mudik menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, usahakan buat mobil menjadi nyaman dan dalam keadaan bersih. Maka si kecil akan tetap nyaman walau harus perjalanan yang jauh.

Jaga Kesehatan Keluarga

Menjaga kesehatan itu penting, tak hanya pas akan mudik saja sebenarnya. Mudik akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan saat tubuh sehat, bugar juga semangat. Pastikan juga kesehatan buah hati yang masih balita selalu dalam kondisi sehat serta semangat. Kesehatan seperti ini akan mengurangi risiko rewel pada si kecil.

Siapkan Dan Bawa Segala Keperluan Buah Hati

bawa susu dalam botol

Kamu pun jangan lupa untuk menyiapkan dan membawa segala keperluan buah hati. Mulai dari popok, baju ganti selama di kendaraan, botol minum, tisu kering, tisu wajah, mainan, camilan, gendongan buah hati dan sebagainya. Ketika segala keperluan buah hati sudah disiapkan dan dibawa dengan baik. Hal ini akan meminimalisir risiko rewel.

Berangkat Awal, Pulang Awal

Sebagai contohnya mudik H-7 dan kembali lagi H+2. Tujuannya supaya terhindar dari macet. Kalau sudah terjebak macet, jangankan si kecil, orang dewasa yang tadinya kalem bisa berubah jadi suntuk dan capek.

Makan Cukup Dan Bawa Perbekalan

bawa bekal makanan saat mudik

Pastikan untuk memebuhi kebutuhan makan dan mimunyang cukup dan juga membawa bekal makan serta camilan. Jadi jika sedang lapar atau bosan, bisa sambil dengan ngemil.

Santai Dan Nikmati Perjalanan

Selama diperjalanan mudik harus dibawa santai, saat menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan menggunakan kendaraan umum. Bila menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa berhenti untuk menenangkan si kecil yang jadi agak rewek, sholat, dan berbuka puasa.

Nah, demikianlah tips mudik bersama si kecil. Semoga berguna dan bisa segera diterapkan.

Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum. Semoga kita semua disampaikan lagi ke Ramadhan tahun depan ya! Salam hangat dari lovelyajmi.

 

Tinggalkan Balasan