7 tips agar hijab tetap wangi sepanjang hari
Tips

7 Tips Agar Hijab Tetap Wangi Sepanjang Hari

lovelyajmi.com – Hijab merupakan salah satu item yang identik dengan wanita Islam. Wanita Islam diwajibkan untuk menggunakan kerudung atau hijab demi menurut aurat. Jika Anda menggunakan hijab pastinya akan terlihat semakin cantik dan mempesona. Saat ini, hijab tak hanya digunakan untuk menutupi aurat bagian kepala saja, namun juga sudah menjadi trend fashion.

Ada sebuah hadist yang mengatakan bahwa ‘kebersihan adalah sebagian dari iman’. Maka dari itu, menjaga kebersihan hijab sangatlah penting. Kamu tidak ingin dicap jorok, gara-gara hijab yang sedang kamu kenakan bau apek dan kotor. Penyimpanan yang tepat dan cara membersihkan yang baik akan membuat hijab terawat dan tetap wangi, meskipun disimpan dalam waktu yang lama.

Nah, daripada  penasaran langsung saja simak tips agar hijab tetap wangi sepanjang hari agar hijab tetap wangi sepanjang hari di bawah ini :

1. Perhatikan pemilihan bahan hijab

pilih bahan hijab

Meski bahan hijab tidak mutlak mempengaruhi masalah bau yang tidak sedap. Namun, ada beberapa bahan yang cenderung memicu kebersihan dari hijab itu sendiri.

Sebut saja bahan sifon dengan kualitas yang rendah, tipis dan jika ditempelkan langsung ke kulit akan terasa licin, kesat, dan gerah.

Bahan sifon ini umumnya memicu keringat berlebih di kulit kepala dan wajah sehingga mau tidak mau akan area kepala akan lebih lembap dan cepat.

Selain itu, bahan-bahan sejenis jersey berkualitas murah, licin dan cenderung permukaannya mengkilap juga akan rentan menimbulkan bau tidak sedap.

Bahan lainnya yang harus dihindari ialah hijab dari bahan linen yang cenderung lebih tebal dan kaku serta bahan serat tebal seperti pashmina.

2. Perhatikan juga kebersihan inner/dalaman kerudung

kebersihan inner hijab

Walau sudah rutin untuk mengganti hijab, namun itu saja tidak cukup. Sangat penting utuk mengganti ciput dalaman hijab bila sudah merasa dalaman hijab itu kotor.

Jangan dikira ciput ninja tidak akan bisa bau, itu persepsi yang salah. Karena inner hijab merupakan faktor yang paling menentukan masalah keharuman di area hijab. Jangan pernah mencoba untuk tidak mengganti ciput dalaman ninja dengan alasan menghemat air dan sabun ataupun karena alasan praktis.

3. Pastikan hijab kering 100%

pastikan hijab kering

Bila sedang mencuci hijab, cuci dan keringkan hijab dengan sempurna. Hal ini penting agar hijab tidak apek dan tetap wangi. Sebelum disimpan dalam lemari, biarkan dalam suhu ruangan terlebih dahulu, hal ini untuk menghindari bau matahari.

4. Gunakan pewangi pakaian

gunakan pewangi untuk hijab

Supaya hijab jadi wangi, rendam dengan pewangi pakaian saat mencuci. Rendam dengan pewangi selama 10-15 menit. Kandungan pewangi tidak hanya membuat wangi tapi juga lembut. Sehingga hijab nyaman dipakai.

5. Jaga kebersihan rambut

pastikan rambut kering sebelum hijab

Malas keramas karena berhijab? Jangan jadikan berhijab untuk alasan malas keramas. Karena dengan keramas, kebersihan rambut akan tetap terjaga. Rambut yang kotor akan akan membuat hijab menjadi mudah kotor pula.

Saat selesai keramas, tunggulah rambut sampai benar-benar kering sebelum memakai hijab. Karena rambut yang basah akan menimbulkan bau tidak sedap pada hijab. Tak hanya itu saja, rambut yang basah dan dipaksa memakai hijab akan menimbulkan ketombe dan rambut yang mudah rontok.

6. Jangan malas ganti hijab

jangan malas ganti hijab

Dengan mengganti hijab setiap hari, hal ini membantu mengurangi bau keringat yang menempel di hijab yang dipakai. Jika perlu gantilah dua kali sehari hijab yang dipakai.

7. Kenali aktivitas yang akan dilakukan

kenali aktivitas sebelum memakai hijab

Jika kamu termasuk wanita pekerja aktif yang sehari-hari berkerja di luar ruangan di bawah terik matahari. Maka, sebaiknya pilih hijab dengan bahan kaos agar mudah menyerap keringat. Dan jangan lupa selalu kenakan dalaman kerudung yang bersih.

Nah itulah beberapa tips agar hijab tetap wangi sepanjang hari, semoga dengan tips ini dapat menghindarkan kamu dari bau apek dan menjadikan harum sepanjang waktu.

Tinggalkan Balasan