Tips Uncategorized

Apa Aja Sih Kewajiban Wajib Seorang Muslimah?

Lovelyajmi.com – Akhir-akhir ini banyak sekali kita jumpai kaum Muslimah, baik remaja maupun yang sudah dewasa mengenakan pakaian Muslimah dengan berbagai warna, corak dan model.

Screenshot_13

Jika kita perhatikan, tidak semua muslimah memiliki pandangan yang jelas tentang pakaian muslimah. Faktanya, banyak wanita yang mengenakan kerudung hanya menutupi rambut saja. Sedangkan leher dan sebagian lengan masih tampak. Ada juga yang berkerudung tapi tetap memakai busana ketat sehingga lekuk tubuhnya tampak.

Screenshot_11

Bahkan masih banyak yang menganggap jilbab adalah kerudung dan sebaliknya. Padahal jilbab dan kerudung adalah dua perkara yang berbeda. Lalu apa perbedaan kerudung dan jilbab?

Allah Swt berfirman :

“Hendaklah mereka menutupkan kain kerudung (khimar) ke dada-dada mereka” (Qs. an-Nur [24] : 31)

Screenshot_16

Dari ayat ini tampak jelas, bahwa wanita muslimah wajib untuk menghamparkan kerudung hingga menutupi kepala leher, dan juyub (bukan baju) mereka. Sementara itu, mengenai jilbab Allah Swt berfirman dalam ayat yang lain :

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin. Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka” Qs al-Ahzab [33] : 59

Secara bahasa, jilbab adalah sejenis mantel atau baju yang serupa dengan mantel. Bisa kain penutup atau baju luar yang menutupi seluruh tubuh wanita. Atau bisa diartikan sebagai baju panjang yang meliputi seluruh tubuh wanita dan baju luas yang menutupi seluruh kecantikan dan perhiasan wanita. Kurang lebih begitulah pengertiannya.

Screenshot_15

Nah sudah paham kan antara jilbab dan kerudung ? Katakanlah kepada wanita yang beriman ” Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kehormatannya. Janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang (biasa) tampak padanya. Wajib atas mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya.” (Qs. an Nur [24] : 31)

Yang dimaksudkan yang biasa tampak adalah muka dan kedua telapak tangan, sebagaimana dijelaskan pula oleh para ulama, bahwa yang dimaksud adalah wajah dan telapak tangan.

Screenshot_14

Jelaslah bahwa seorang muslimah wajib untuk menutup seluruh tubuhnya kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Artinya selain wajah dan telapak tangan tidak boleh terlihat oleh laki-laki yang bukan mahramnya.

Dengan demikian, jilbab dan kerudung merupakan dua hal yang berbeda . Keduanya merupakan perkara yang diwajibkan oleh Allah Swt, untuk dikenakan seorang muslimah ketika hendak keluar rumah. Mudah-mudahan Allah Swt, memudahkan kita untuk melaksanakan setiap kewajiban yang telah Allah tetapkan serta mengokohkan iman kita dengan menjadikan kita senantiasa tunduk dan terikat dengan hukum-hukum-Nya.

Dan semoga kita dimudahkan untuk berhijrah menjadi lebih baik dan memantaskan diri. Aamiin 🙂

Salam hangat, lovely ajmi ^_^

 

Tinggalkan Balasan