Tips

Bagaimana Cara Berhias Yang Syar’i Bagi Seorang Wanita Muslim?

Berhias memang sangat identik dengan wanita. Bagaimana tidak? Wanita memang identik dengan kata cantik. Wanita mana yang tidak suka kalau dirinya terlihat cantik. Namun dalam Islam wanita tidak diperboleh untuk berhias secara berlebihan. Sungguh, Islam merupakan agama yang sempurna. Islam tidak sepenuhnya melarang wanita untuk berhias, justru Islam mengajarkan bagaimana cara wanita berhias tanpa harus merugikan apalagi merendahkan martabat itu sendiri.

berhiasnya wanita muslim
berhiasnya wanita muslim

Seperti potongan ayat Al Qur’an berikut ini yang memiliki makna sebagai berikut. “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah setiap (memasuki) masjid. Makan dan minumlah tapi jangan berlebih – lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebihan – lebihan. (Qs. Al A’raaf, 7:31)

Potongan ayat di atas memang sangat benar, karena sesuatu yang berlebih – lebihan memang sangat tidak baik. Lalu bagaimana cara berhias agar tidak berlebih – lebihan dan syar’i bagi seorang wanita muslim?

berdandan ala muslimah
berdandan ala muslimah

Salah satunya yaitu berhias yang tidak menghabiskan banyak waktu. Berhias yang diperbolehkan cukup menyita waktu yang singkat dan sekedarnya saja agar wajah tidak terlihat kusam, mengoleskan lipstik agar tidak terlihat pucat. Serta berpakaian rapi yang syar’i, simpel, rapi dan bersih.

Selanjutnya yaitu tidak mengubah cipataan Allah. Seperti mencukur atau mencabut bulu alis, mengikir gigi, merubah wajah menjadi tirus, hidung mancung dan lain sebagainya. Memakai celak diperbolehkan asal tidak merubah apa yang sudah allah berikan.

Tidak memperlihatkan lekuk dan bentuk tubuh juga merupakan salah satu cara berhias menurut Islam. Maksudnya tidak berpakaian ketat, seksi, ataupun nerawang kecuali di hadapan suami.

Selain itu kita sebagi wanita yang cerdas harus pandai – pandai menyaring fashion dari barat atau manapun. Mana yang menurutmu sesuai dengan syariat Islam dan pantas untuk di tiru dan mana yang kurang baik untuk diikuti.

memakai bedak yang halal
memakai bedak yang halal

Selebih dari itu niat juga sangat penting, kalau niatnya berhias untuk menarik perhatian kaum lelaki itu bisa menjadi haram. Jadi berhiaslah karena menjaga kebersihan, kesejukan, agar tidak kusam dan keindahan bukan untuk mencari – cari pujian banyak orang.

Nah kurang lebih seperti itulah cara berhias wanita muslim yang baik dan syar’i. Semoga Allah selalu melindungi kita semua. Aamiin 🙂

Tinggalkan Balasan