Tips

Bolehkah Wanita Haid Masuk Masjid?

Lovelyajmi.com – Seorang wanita yang haid bolehkah masuk ke masjid ? Entah itu mengikuti acara pengajian ataupun keperluan lain yang mengharuskan untuk masuk masjid.

Screenshot_1

Beberapa ulama berselisih tentang hukum wanita haid yang masuk masjid. Ada yang memperbolehkan dan ada yang melarang. Lalu pendapat mana yang dibenarkan?

Hadist riwayat Bukhari, bahwa di zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ada seorang wanita berkulit hitam yang tinggal di masjis. Sementara tidak terdapat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan wanita ini untuk meninggalkan masjid ketika masa haidnya tiba.

Kemudian ketika melaksanakan haji, Aisyah mengalami haid. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan beliau untuk melakukan kegiatan apapun, sebagaimana yang dilakukan jamaah haji, selain tawaf di Ka’bah. Intinya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam hanya melarang Aisyah untuk tawaf di Ka’bah bukan melarang untuk masuk masjid. (Shalih Bukhari)

Screenshot_2

Diriwayatkan dari Aisyah radhiallahu ‘anha bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berkata kepadanya, “Ambilkan sajadah untukku di masjid!” Aisyah mengatakan, “Saya sedang haid.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Sesungguhnya, haidmu tidak berada di tanganmu.” (HR. Muslim).

Sebagian ulama menjadikan hadist ini sebagai dalil tentang bolehnya wanita haid masuk masjid.

Gimana ukhti? Sudah jelas kan tentang boleh tidaknya wanita haid masuk masjid?

Jadi nggak perlu ragu lagi ya buat ikut pengajian di dalam masjid meskipun lagi haid, karena orang mencari ilmu itu tidak dilarang. Semoga info ini bermanfaat ya ukhti 🙂

Salam hangat lovely ajmi ^_^

Tinggalkan Balasan