News

Buah Kurma Ini Sangat Bermanfaat Untuk Berbuka Puasa

lovelyajmi.com – Ada istilah yang mengatakan ‘Berbukalah dengan yang manis-manis’. Dan salah satu buah manis yang cocok untuk buka puasa yaitu buah kurma. Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk berbuka puasa dengan buah kurma. Buah kurma mudah ditemukan di Jazirah Arab pada masa Rasulullah.

Selain rasanya yang manis dan nikmat, ada banyak sekali kenikmatan serta manfaat buah kurma untuk kesehatan. Apa saja manfaat dari buah kurma untuk berbuka puasa?

Pohon Kurma

  • Sumber Energi dan Gula Alami
    Pada saat bulan buasa, kita tidak mengonsumsi apapun selama hampir 12 jam. Hal ini tentu akan menguras energi. Dengan mengonsumsi buah kurma saat berbuka merupakan pilihan yang sangat tepat. Dengan memakan buah kurma, energi kita dapat kembali lagi, karena buah kurma mengandung glukosa dan fruktosa alami. Sehingga tubuh segera kembali merasa bertenaga setelah seharian menjalani puasa.
  • Mengontrol Nafsu Makan Saat Berbuka
    Karena tak adanya asupan makanan saat berpuasa, biasanya kita akan melampiaskan nafsunya saat berbuka puasa dengan makan makanan yang banyak, seperti berbagai takjil dan makanan berat. Namun jika kita mengawali berbuka puasa dengan memakan buah kurma, kita bisa mengontrol rasa lapar tersebut. Apalagi jika setelah itu ditambah air putih, kemudian dijeda dengan sholat Maghrib. Niscaya kita tidak akan begitu bernafsu untuk menyantap aneka makanan dalam porsi besar.
  • Buah Kurma Mudah Dicerna
    Kurma mempunyai khasiat mengaktifkan enzim-enzim pencernaan, sehingga cocok sebagai pengawal menu berbuka. Dengan demikian, perut kita tidak akan ‘kaget’ketika kita makan makanan yang berat sesudahnya. Sebab bagaimanapun juga, pencernaan kita baru saja beristirahat selama lebih dari 12 jam.
  • Mencegah Sembelit
    Pada saat kita berpuasa biasanya mengalami gangguan pencernaan, hal ini dikarenakan kurangnya kandungan serat dalam tubuh kita. Salah satu zat yang sering terlewatkan adalah serat, sehingga kita sulit BAB bahkan sembelit selama puasa. Untuk mengatasi hal itu, kita cukup memakan kurma 20-30 gram sehari. Kurma sendiri adalah sumber serat pangan yang baik, ada dua serat pangan yaitu serat pangan larut dan tak larut. Kurma memiliki kandungan serat larut dan asam amina yang bermanfaat untuk meringankan kinerja sistem pembuangan kita.
  • Menyeimbangkan Tingkat Keasaman Darah
    Kurma dapat menyeimbangkan tingkat keasaman darah yang cenderung meningkat saat berbuka. Biasanya peningkatan keasaman darah ini karena konsumsi daging dan karbohidrat ketika makan saat berbuka puasa. Nah, dengan mengonsumsi kurma dapat menghindari asam darah ini.

Selain manfaat diatas, masih ada lagi manfaat buah kurma untuk kesehatan :

  • Mengonsumsi kurma secara teratur mengurangi resiko kanker, stroke, dan penyakit jantung. Itu karena kalium yang berada di dalam kurma berperan membantu mengendalikan denyut jantung dan juga tekanan darah.
  • Kandungan serat tinggi dalam buah kurma dapat mencegah kolesterol LDL dalam usus dan melindungi dari paparan bahan-bahan kimia yang menyebabkan kanker usus.
  • Sebagai sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan menjaga kulit tetap sehat. Vitamin A dalam buah ini juga membantu melindungi tubuh dari ancaman kanker paru-pari dan rongga mulut.
  • Buah kurma dapat mencegah anemia. Karena kurma juga sebagai sumber zat besi yang merupakan salah satu komponen hemoglobin dalam sel darah merah.
  • Buah kurma mengandung tanin sebagai antioksidan. Seperti diketahui bahwa tanin bersifat anti-infeksi, anti inflamasi, dan anti hemoragik.

Rasulullah SAW menganjurkan untuk mengawali buka puasa dengan menyantap 3 butir kurma sangatlah bermanfaat.

Tinggalkan Balasan