Tips

Ikhtiar Seorang Muslimah untuk Menjemput Jodoh Impian

Lovelyajmi.com – Menikah merupakan impian setiap wanita muslimah, terutama untuk yang sudah dewasa dan siap untuk menikah. Terkadang muslimah yang belum memiliki pasangan kadang bingung harus melakukan apa. Biasanya yang berusaha mencari adalah para lelaki, sedangkan wanita hanya siam menunggu dan berdo’a.

Apakah benar menunggu saja adalah pilihan yang tepat untuk mendapatkan seorang imam rumah tangga?

Ada beberapa cara ikhtiar yang mungkin adalah jawaban dari kesendirianmu selama ini :

  • Perluas jaringan sosial

Mungkin saja jodohmu sedang berada di tempat yang tak pernah kamu jangkau. Cara menemukannya adalah dengan memperluas pergaulan. Ikuti kegiatan-kegiatan yang bisa menambah kenalan  seperti pengajian, komunitas-komunitas yang kamu suka dan sebagainya. Dengan begitu kamu bisa selangkah lebih dekat dengan jodohmu.

  • Meminta kepada wali kita seperti Ibu, Ayah atau keluarga lainnya

 Salah satu cara menemukan jodoh yang tepat adalah mengungkapkan niat kita menikah pada ibu, ayah atau wali kita. InsyaAllah jika memang pilihan orang tua, maka ia adalah yang terbaik. Percaya saja bahwa Allah Maha Adil.

  • Meminta bantuan perantara misalnya murabi, guru, teman dan lain-lain

 Hal yang sama bisa kita lakukan pada orang-orang yang mampu menjadi perantara pertemuan kita dengan jodoh. Kita bisa menyampaikan niat kita menikah kepada murabi, guru, atau teman. namun pastikan mereka tidak memiliki kepentingan tertentu yang menyebabkan pemilihan pasangan yang objektif.

  • Menawarkan diri langsung seperti Ibunda Khadijah

 Umirul Mukminin, Khadijah Radhiyallahu Anha adalah wanita tangguh yang berani menyampaikan niatnya untuk menikah dengan Rasulullah. Bukan karena harga dirinya yang rendah, tapi ia ikhlas untuk membantu Muhammad dalam suka dan dukanya. Khadijah menawarkan dirinya demi kebaikan.

Menawarkan diri disini bisa dilakukan secara langsung atau melewati surat. Memang salah satu konsekuensinya adalah ditolak. Namun percayalah itu ;ebih baik daripada digantung.

Ada yang perlu dicatat dalam hal ini, yaitu lelaki yang kita tawarkan haruslah lelaki yang shaleh dan amampu membuat kita lebih dekat dengan Allah. Bukan lelaki nakal yang menjual tampang pada setiap orang.

  • Perbaiki diri terus menerus, hingga lumut yang menenggelamkan cahaya mutiara hilang secara sempurna

Kadang Allah menahan jodoh, hingga kita dianggap siap dan sepadan dengan pangeran yang telah Allah siapkan. Sebelum kita sepadan maka Allah akan terus menguji kita. Ingat bahwa jodoh adalah cerminan diri. Maka perbaiki terus akhlak yang dimiliki maka suatu hari kebahagiaan akan diturunkan oleh Sang Khalik.

Semoga bermanfaat dan bisa menjadi motivasi untuk terus memperbaiki diri.

Salam Hangat AJMI ^_^

Tinggalkan Balasan