Populer

Inilah 10 Kuliner Indonesia Yang Mendunia

lovelyajmi.com – Negara Indonesia memang terkenal dengan tempat wisatanya yang sering dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara. Namun, tak hanya sebatas tempat wisata saja yang menjadi incaran wisatawan. Wisata kuliner Indonesia pun ternyata menjadi daya tarik orang luar dan telah mendunia.

Dengan rempah yang melimpah di negeri ini memberikan banyak pilihan makanan khas Nusantara yang bisa disantap. Dari olahan bumbu itulah kemudian membuat kuliner asli dari Tanaha air begitu menggoda.

Nah, beberapa diantara kuliner asli dari Tanah air ternyata juga sudah mendunia. Mau tahu apa sajakah kuliner Indonesia yang sudah mendunia, simak berikut ini :

  • RENDANG
    Peringkat pertama untuk kuliner Indonesia yang terkenal sampai luar negeri adalah Rendang. Kuliner yang berasal dari tanah Minang ini dalam memasaknya cukup rumit. Rendang memiliki cita rasa yang pedas ini dapat ditemukan di setiap rumah makan Padang di seluruh dunia.
  • NASI GORENG
    Bisa dibilang, tidak ada orang Indonesia yang tidak mengenal yang namanya nasi goreng. Sejatinya, nasi goreng merupakan makanan dari orang Tionghoa. Sisa nasi yang tidak habis kemudian diberi bumbu dan digoreng, itulah asal muasal dari nasi goreng. Kelezatan nasi gooreng ini membuatnya terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan, orang sekelas Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pun hafal dengan rasa makanan ini. Dia pun mengakui bahwa nasi goreng asli dari Indonesia benar-benar sedap dan lezat.
  • BAKSO
    Kita harus berterimakasih pada Mantan Presiden AS Barack Obama lagi. Berkat ‘promosi’ Obama, bakso pun menjadi salah satu kuliner Indonesia yang terkenal hingga ke luar negeri. Dari hasil Promosi Obama yang mengatakan bahwa bakso adalah salah satu makanan favoritnya, sejumlah situs Amerika Serikat pun memuat tulisan yang membahas soal Bakso.
  • SATE
    Siapa yang bisa menolak kelezatan dari Sate. Sate Padang dan Sate Madura menjadi dua varian sate khas Indonesia yang sudah lama terkenal. Banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia untuk mencari sate karena kelezatannya yang tidak tertandingi. Bahkan, di New York juga sudah memiliki restoran Indonesia bernama Satay Junction dan menjual Sate Ayam sebagai menu andalannya.
  • TEMPE
    Makanan berbahan dasar dari kcang kedelai ini memang tergolong makanan rakyat, namun ternyata tempe ini sudah sering mejeng dalam festival kuliner di dunia. Salah satu koki asing bernama Eduard Quad pernah menyebut tempe sebagai idolanya dalam festival kuliner di Jakarta Oktober 2012 lau. Sedangkan di Jepang, ternyata tempe sudah sejak lama memikat masyarakatnya.
  • MIE REBUS
    Sebenarnya, kuliner ini lebih dikenal pada salah satu merk produk makanan di Indonesia, Indomie. Namun, tetap saja menjadi makanan khas Indonesia. Indomie sendiri ternyata sudah diekspor ke sekitar 80 negara di dunia sejak 20 tahun yang lalu.
  • SOTO
    Soto merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang memiliki banyak varian tergantung daerahnya : Ada soto betawi, soto banyumas, soto sulung, soto madura, dan masih banyak lagi lainnya. Beda daerah, beda juga isi dan kuah dalam sotonya. Kelezatan dari Soto bahkan membuat Telemadrid, salah satu televisi di Spanyol, menyiarkan soto dalam sebuah program acara bernama Buenos das Madrid.
  • GADO-GADO
    Gado-gado biasanya disajikan dengan menu sayur-sayuran dan kuah yang terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia. Kuliner khas Nusantara ini merupakan salah satu menu favorit di restoran Indonesia di sejumlah negara di luar negeri. Dalam sebuah perlombaan memasak tingkat internasional yang diadakan di Napoli, Italia tahun 2010 silam. Teranyata gado-gado muncul sebagai juara pertama pada kategori tampilan sajian estetika.
  • GUDEG
    Makanan khas dari Yogyakarta, Solo dan Jawa Timur ini merupakan olahan nangka muda yang dimasak dengan gula jawa/palem dan santan. Di Melbourne, Australia ternyata ada salah satu restoran yang menyajikan gudeg asli Indonesia, tepatnay di kawasan Clayton Road.
  • SUP BUNTUT
    Sop buntu terbuat dari potongan ekor sapi yang telah dibumbui dengan rempah dan dibakar, lalu dimasukan dalam kuah kaldu sapi dengan irisan kentang dan wortel, daun bawang, tomat, seledri, serta bawang goreng. Kedutaan Besar RI di Madrid, Spanyol pernah menyajikannya, dan membuat sekitar 300 orang di Negeri Matador jatuh hati dengan kenikmatan sop buntut.

Tinggalkan Balasan