News

Manfaat Bawang Merah Yang Ampuh Menurunkan Demam Anak

lovelyajmi.com – Bawang merah merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang selalu digunakan untuk melengkapi cita rasa masakan. Selain sebagai bumbu dapur, bawang merah ini mempunyai manfaat lain untuk kesehatan.

Seperti saat anak sedang demam, salah satu pengobatan rumahan yang sering dilakukan para orang tua adalah dengan memijit dengan bawang merah. Supaya lebih nyaman, bawang merah terkadang dicampur dengan minyak telon dahulu. Dan cara ini memang sudah menjadi cara tradisional di beberapa kalangan masyarakat, dan sudah menjadi tradisi turun temurun.

Namun dalam menggunakan bawang merah yang bermanfaat untuk menurunkan panas demam pada anak akan sangat tergantung dengan proses penanganan Anda sendiri. Artinya, jika tidak maksimal dalam memanfaatkan khasiat bawang merah, maka hasil yang diperoleh juga tdak akan seperti apa yang diharapkan. Malah akan cenderung tidak berdampak sama sekali. Maka dari itu, semakin tinggi demam si kecil, maka semakin intensif juga penggunaan bawang merah terhadap si kecil.

Bawang merah memiliki sifat panas, sifat panas yang dimiliki bawang merah ini tidak akan membahayakan si kecil. Jadi sebenarnya, bukan hanya fungsinya yang pas, tapi bawang merah ini juga sangat aman untuk menjaga kulit si kecil agar tetep sehat, jika dibandingkan dengan menggunakan minyak oles kecuali minyak telon yang memang dikhususkan untuk si kecil.

Cara Menurunkan Demam Dengan Bawang Merah

Cara yang digunakan pun cukup sederhana dan juga mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu menumbuk bawang merah beberapa siung secara kasar, jangan menumbuknya terlalu hancur dan halus. Anda harus membiarkan agar tekstur bawang merah tetap ada.

Setelah itu, Anda bisa meanbahkan seikit minyak telon atau minyak kayu putih, aduk hingga merata dan semua bagian bawang merah terkena oleh minyak. Jika tidak ingin menggunakan minyak juga tidak masalah. Karena bawang merah nantinya akan mengeluarkan minyak secara alami.

Jika campuran bawang merah ini sudah siap, maka tinggal mengaplikasikan ke bagian leher si kecil, punggung, dada, perut dan telapak kaki si kecil. Berikan juga sedikit pijatan halus agar si kecil merasa nyaman dengan kegiatan ini. Anda bisa melakukan cara ini ketika si kecil tengah tertidur.

Nah, itulah cara yang bisa dilakukan ketika si kecil mengalami demam tinggi. Ketika si kecil demam, Anda jangan terlalu panik dan khawatir, karena dengan cara tradisional ini juga sudah bisa menurunkan panas deman yang dialami buah hati.

Namun, Anda pun harus berhati-hati, jangan sembarang mengoleskan bawang merah saat anak demam. Karena bawang merah juga bersifat iritatif. Bagi sebagian kulit anak akan timbul kelainan di kulit. Begitu juga dengan bau menusuk, membuat anak tidak nyaman.

Jika si kecil yang demam mulai gelisah dan tidak nyaman, berilah obat penurun panas seperti parasetamol sesuai dosis. Dan jika dalam waktu 3 hari panas demam si kecil masih belum turun, maka segeralah konsultasikan hal tersebut pada dokter.

Memang ada pro dan kontra mengenai cara menurunkan demam si kecil dengan menggunakan bawang merah. Namun, bagi yang sudah membuktikan bahwa bawang merah dapat menurunkan demam anak, maka akan gerak cepat menggunakan cara yang tradisional ini.

Nah, itulah yang dapat lovelyajmi sampaikan mengenai manfaat bawang merah sebagai obat tradisional penurund demam. Semoga dapat menjadi referensi untuk orang tua yang si kecil sedang demam.

Tinggalkan Balasan