ibu hamil puasa ramadhan
Kecantikan Tips

Menjalankan Ibadah Puasa Aman Bagi Ibu Hamil. Ikuti Tips Ini!

lovelyajmi.com – Menjalankan ibadah puasa bagi ibu hamil memanglah menjadi tantangan tersendiri bagi perempuan, karena dalam kondisi hamil pastinya akan lebih membutuhkan asupan makanan serta cairan tubuh lebih banyak.

Di  bulan Ramadhan, setiap ibu yang sedang hamil pastinya juga memiliki keinginan untuk menjalankan ibadah puasa meskipun dalam keadaan hamil. Walaupun sebenarnya ada keringanan bagi ibu hamil untuk tidak melakukan ibadah puasa apabila memang kondisinya tidak memungkinkan untuk melakukan puasa.

Namun, ibu hamil tetap diperbolehkan untuk menjalankan ibadah puasa asalkan sudah mendapatkan keterangan dari dokter atau ahli medis bahwa kondisi ibu dan janinnya dalam keadaan sehat.

Tapi tentunya perlu beberapa strategi supaya puasa yang dijalankan ibu hamil bisa berjalan dengan lancar.

Puasa yang dilakukan oleh ibu hamil tentu memiliki cara-cara yang berbeda. Ibu hamil harus tetap memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan juga bayi dalam kandungan. Hal ini untuk menjaga kondisi bayi agar tetap sehat walaupun ibu sedang berpuasa.

Berikut ini ada beberapa tips untuk ibu hamil yang ingin berpuasa :

Tips Sahur Bagi Ibu Hamil :

banyak minum air putih saat puasa bagi ibu hamil

  • Konsumsi Vitamin C

    Saat sahur, usahakan ibu hamil banyak mengonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung vitamin c. Mengonsumsi banyak vitamin c dapat membantu menjaga kebugaran ibu hamil saat menjalankan ibadah puasa. Vitamin C banyak ditemukan dalam buah-buahan segar seperti jeruk, jambu biji, tomat, manga, papaya, dan buah-buah lainnya.

  • Konsumsi Makanan Yang Banyak Mengandung Protein

    Pada saat sahur, sebaiknya ibu hamil mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein. Karena protein akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Disarankan untuk ibu hamil mengonsumsi daging pada saat sahur, karena daging mengandung protein yang dibutuhkan tubuh serta mengandung banyak kalori. Sehingga cadangan makanan dapat disimpan oleh tubuh dalam waktu yang lebih lama.

  • Perbanyak Minum Air Putih

    Kebutuhan air putih yang diperlukan tubuh harus dipenuhi saat berpuasa, terlebih untuk ibu hamil. Konsumsi air putih kurang lebih 2 liter dalam sehari. Sekurang-kurangnya 2 gelas pada saat sahur. Hal ini berfungsi untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

  • Konsumsi Susu

    Selain memenuhi kebutuhan cairan dengan air putih, ibu juga dianjurkan untuk minum susu pada saat sahur. Hal ini bertujuan untuk mencegah ibu mengalami anemia saat menjalankan ibadah puasa sehari penuh.

  • Hindari Konsumsi Makanan Yang Manis Saat Sahur

    Pada saat sahur, kurangi makanan yang terlalu manis. Makanan manis jika dikonsumsi saat sahur bisa menyebabkan tubuh lemas serta membuat perut mudah lapar akibat insulin shock.

Tips Berbuka Bagi Ibu Hamil :

makan kurma saat berbuka saat puasa bagi ibu hamil

  • Awali Buka Puasa Dengan Yang Makanan Manis

    Untuk ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan manis saat berbuka puasa, hal ini bertujuan untuk mengembalikan kadar gula darah dalam tubuh agar kembali normal. Namun tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi makanan manis, karena ibu hamil lebih beresiko kena diabetes.

  • Hindari Minum Es

    Saat berbuka puasa, ibu hamil dianjurkan untuk minum minuman yang hangat. Dan ibu hamil tidak dianjurkan untuk minum yand dingin seperi es untuk berbuka. Karena dapat mengganggu kinerja lambung.

  • Konsumsi Makanan Yang Mengandung Karbohidrat

    Setelah berbuka dengan makanan atau minuman manis, lanjutkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, seperti kurma atau kolak.

  • Makan Berat Setelah Maghrib

    Usahakan ibu hamil untuk makan berat setelah maghrib. Hindari makan dengan porsi yang besar karena hal ini bisa menyebabkan tubuh jadi lemas.

  • Makan Camilan Sebelum Tidur

    Ibu hamil memang disarankan untuk makan dengan porsi yang kecil namun sering. Oleh karena itu, ada baiknya ibu hamil mengonsumsi camilan sehat ataupun minuman hangat pada saat malam hari selepas tarawih. Hal ini untuk memperlancar produksi ASI pada ibu hamil.

Untuk ibu hamil dapat membatalkan puasa apabila dalam kondisi muntah yang berlebihan, diare yang melilit, lemas, pusing, keringat dingin, atau mimisan karena kondisi tubuh tidak stabil.

Nah, demikianlah tips aman untuk ibu hamil saat puasa. Dengan begitu, ibu dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan lancer walaupun dalam keadaan hamil.

Tinggalkan Balasan