News

Muslimah Sholihah Bolehkah Mewarnai Kuku?

Lovelyajmi.com – Siapa bilang muslimah tidak boleh mewarnai kuku? Akan tetapi jangan sembarangan mewarnai kuku ya! Karena ada beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan bagi muslimah yang ingin mewarnai kukunya.

Simak hadist berikut ini :
Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata, “Istri-istri kami punya kebiasaan memakai pewarna kuku di malam hari. Jika tiba waktu Subuh, pewarna tersebut dihilangkan, lalu mereka berwudhu dan melaksanakan sholat. Setelah sholat Subuh, mereka memakai pewarna lagi. Ketika tiba waktu Dhuhur, mereka menghilangkan pewarna tersebut, lalu mereka berwudhu dan melaksanakan sholat. Mereka mewarnai kuku dengan bagus, namun tidak menghalangi mereka untuk sholat.” (HR. Ad-Darimi, no. 1093. Syaikh Abu Malik menyatakan bahwa hadist ini shahih dalam Shahih Fiqh As-Sunnah Ii An-Nisa’, hlm. 419)

Mewarnai Kuku
Mewarnai Kuku

Bisa disimpulkan hal yang perlu diperhatikan jika muslimah ingin mewarnai kukunya :

  • Berdandan mewarnai kuku hanya di rumah untuk mempercantik diri di hadapan suami.
  • Muslimah sholihah rela berepot-repot mewarnai kuku dan membersihkannya kembali ketika akan sholat, hal ini bukan menjadi masalah besar bagi mereka.

    Mewarnai Kuku
    Mewarnai Kuku
  • Pastikan menggunakan pewarna kuku yang dapat dihilangkan setiap akan sholat.
  • Pakailah pewarna kuku yang sebaiknya tidak menghalangi air untuk mengenai permukaan kulit, jika pewarna yang dipakai menghalangi maka harus dihapus ketika akan sholat.

Sahabat Muslimah Ajmi yang mewarnai kuku untuk keluar rumah perlu mengintrospeksi diri, untuk apa menggunakan pewarna kuku tersebut? Daripada repot pakai-hapus, lebih baik save waktu dan tenaga untuk hal lain yang lebih bermanfaat tentunya.

Salam hangat Lovelyajmi~

Tinggalkan Balasan