Resep

Resep Makanan Tradisional Klepon Gurih dan Nikmat

Lovelyajmi.com – Sekarang udah susah banget buat nemuin jajanan pasar yang dulu hits banget. Itu lho, klepon. Makanan yang kalau dikunyak di mulut itu sukanya bikin meleleh karena di dalemnya ada gula jawa yang manis, tapi masih manisan senyum kamu kok, hehe. Oh ya jajanan ini biasanya ada di pasar dan itupun hanya beberapa yang menjual.

screenshot_10

Kalau udah susah dicari gini jadi kangen deh pengen makan “Klepon”. Nah jangan cuma nyari dan nyobain terus, sekarang kamu harus bisa buat sendiri. Selain bisa nyobain masakan sendiri, kamu juga bisa ikut membantu melestarikan makanan tradisional.

Penasaran gimana caranya? Yuk langsung aja simak 🙂

screenshot_12

Bahan-bahan :

– 200 gram tepung beras ketan
– 200 mili air putih hangat
– 150 gram kelapa parut
– 2 tetes pandan essence
– gula merah sisir secukupnya
– 2 lembar daun pandan ikat
– garam secukupnya
– air untuk merebus klepon secukupnya

Langkah :

1. Sambil menyiapkan adonan, kukus kelapa parut lebih dulu selama kurang lebih 20 menit, beri daun pandan ikat

2. Masukkan 2 tetes pandan essence ke dalam 200ml air hangat, kemudian aduk sebentar.

3. Siapkan wadah, masukkan tepung beras ketan dan air pandan essence sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonan menjadi kalis.

4. Setelah adonan menjadi kalis, ambil adonan sedikit, pipihkan, isi dengan gula merah yang sudah disisir secukupnya, bulatkan adonan. Ukuran sesuai selera. (Sebelumnya, beri tepung pada kedua tangan supaya tidak lengket)

screenshot_15

5. Sisihkan adonan pada wadah yang sudah ditaburi tepung agar tidak lengket. Sambil membuat adonan, didihkan air di dalam panci untuk merebus adonan.

6. Masukkan klepon satu per satu ke air yang sudah didihkan, diamkan sampai si klepon2 itu mengapung kurang lebih 5-8 menit, kalau sudah mengapung tandanya sudah siap diangkat.

7. Siapkan kelapa parut yang udah dikukus tadi di wadah, taburi sedikit garam biar lebih gurih.

8. Angkat klepon yg sudah mengapung, tiriskan sebentar airnya dan langsung masukkan ke kelapa kukus tadi (karena kalau nunggu dingin nanti kleponnya lengket2 satu sama lain), balurkan kelapanya sampai rata dan sajikan hangat2.

screenshot_14

Nah ini dia Resep untuk membuat makanan tradisional “Klepon”. Selamat mencoba dan rasakan sensasinya 🙂

Salam hijaber –

Tinggalkan Balasan