Resep

Resep Udang Tepung Siram Saus Asam Manis

Lovelyajmi.com – Hallo sahabat hijaber, hujan – hujan begini cocoknya masak yang anget – anget nih. kali ini mimin akan kasih kamu resep udang tepung siram saus asam manis yang bakal bikin lidah kamu bergoyang. Siapa nih yang demen banget makan udang? Nah sama, mimin juga demen banget makan udang dengan catatan udang yang udah mateng loh ya.
Suka makan udang sih boleh – boleh aja tapi jangan cuma hoby makan sana sini aja, bahkan sampai jauh – jauh cuma buat cobain resep udang di tempat lain. Mending untuk kali ini kamu cobain buat masak sendiri deh resep udang ini.
Pertama-tama yang perlu kamu siapin ya bahan – bahannya dulu. Jangan lupa perhatikan tanggal kadaluarsa dan juga perhatikan kualitas bahan yang kamu gunakan. Ini dia bahan – bahan untuk memasak udang tepung siram saus asam manis.
screenshot_7
Bahan – bahan :
– 500 gram udang, kupas dan bersihkan udangnya
Bahan untuk rendamannya:
– 2 sendok makan bumbu ayam keriting ny. liem
– 2 biji bawang putih, haluskan hingga lembut
Bahan untuk celupannya:
– 1 butir telur, kocok lepas
– 1/2 sendok teh bumbu msbp (pasangannya bumbu ayam keriting)
– 1 siung bawang putih, haluskan
– Garam secukupnya
– 200 mili air
– 250 gram tepung terigu
Bahan saus asam manis:
– 2 siung bawang putih, cincang halus
– 1 biji bawang bombay, cincang kasar
– 2 biji tomat merah, potong kotak kecil
– 5 sendok makan saos tomat
– 1 sendok makan saos cabe
– 1/4 sendok teh cuka
–  Garam secukupnya, gula pasir, lada bubuk
– 150 mili air
– 1 sendok makanm maizena, larutkan dengan sedikit air

Langkah

  1.  Rendam udang menggunakan bahan untuk rendaman. Aduk hingga rata dan diamkan selama 1 jam (biar bumbunya meresap).
  2.  Campur semua bahan untuk celupannya, kecuali terigu. Aduk sampai rata.
  3.  Udang yang sudah direndam tadi lalu lumuri dengan terigu, lalu celupkan ke bahan untuk celupan, lumuri Lagi dengan terigu sampai udang tertutupi terigu, lalu goreng hingga matang.
  4.  Sekarang kita buat saus asam manisnya. Tumis bawang putih & bombay sampai harum lalu masukan tomat, garam, gula pasir, lada bubuk, aduk rata, masukan saos tomat dan saos cabe, tambahkan air, masak hingga mendidih, lalu masukan cuka dan larutan maizena. Aduk-aduk dan masak hingga saus mengental.
  5.  Tata udang tepung dalam piring lalu siram atasnya dengan saus asam manis, dan sajikan.
    screenshot_5
    Taraa !!! Udang Tepung Siram Saus Asam Manis siap untuk disantap. Nah begini, sekali kali kamu memang perlu untuk coba membuat sendiri bukan cuma nyicipin muluk 😀
    selamat mencoba –

Tinggalkan Balasan