puasa menjadi komitmen untuk lebih baik
Populer

Tak Hanya Menahan Lapar Dan Haus, Ramadhan Juga Meningkatkan Komitmen Diri untuk Jadi Lebih Baik

lovelyajmi.com – Tak terasa bulan Ramadhan kali ini sudah memasuki minggu yang ketiga. Bagaimana dengan puasamu? Selama puasa menahan lapar dan haus, juga memiliki agenda buka bersama dengan sahabat lama selama bulan Ramadhan memang menjadi hal yang seru karena bisa menjadi penyambung kembali tali silaturahmi yang biasanya renggang di luar puasa.

Namun sebenarnya, poin yang paling penting justru adalah Ramadhan bukan hanya waktu dimana kita berpuasa sebulan penuh. Fasting during Ramadhan isn’t really just about food and hungry.

Beberapa manfaat untuk kesehatan bisa kita dapatkan selama berpuasa sebulan penuh. Puasa bisa dikatakan salah satu metode non-obat untuk mengurangi tekanan darah. Selain untuk membersihkan diri secara rohani, berpuasa di bulan Ramadhan juga betindak sebagai detoksifikasi yang sangat fantastis utnuk tubuh kita. Dengan tidak makan dan minum sepanjang hari, tubuh akan ditawarkan kesempatan langka untuk detoksifikasi sistem pencernaan sebulan penuh.

menahan lapar dan haus

Berpuasa juga mampu mengurangi gula darah, menurunkan tekanan darah tinggi, serta meningkatkan imunitas. Dan, ada nilai plusnya berpuasa selama bulan Ramadhan, yaitu saat yang sangat tepat untuk kita yang selalu memiliki wacana diet. Menurut pakar gizi klinik Universitas Indonesia, Rita Ramayulis, berpuasa selama sebulan penuh mampu menstabilkan berat badan dan mampu menciptakan berat badan yang ideal nantinya. Tentu bila dilakukan dengan benar dan teratur.

Berbagai rangkaian ibadah dengan pahala yang berlipat pun bisa dilakukan. Bukan hanya sholat wajib dan sunah saja, tetapi berbagai kegiatan amal juga bisa dilakukan. Contohnya berbagi rezeki kepada yang kurang mampu, tak hanya menambah pahala di bulan Ramadhan, namun juga membawa kebahagiaan bagi pribadi sendiri. Hasil kajian dari Elizabeth Dunn, pakar psikologi dari University of British Columbia, Vancouver, Kanada pada Maret 2008 dengan judul Spending Money on Others Promotes Happiness (Membelanjakan Uang untuk Orang Lain Meningkatkan Kebahagiaan) menyatakan bahwa rasa bahagia yang diperoleh dari menghabiskan uang untuk membeli kebutuhan atau barang keinginan tidaklah lebih besar dibandingkan rasa bahagia yang kita dapatkan ketika menghabiskan uang untuk berbagi dengan orang lain.

Berbagai kegiatan dari mulai berpuasa, ibadah sholat, silaturahmi, sampai beramal di bulan Ramadhan ini sebenarnya tak hanya memiliki manfaat untuk mencari pahala secara religi. Namun bisa menjadi salah satu proses refleksi dan pemurnian spiritual diri untuk lebih dekat dengan Sang Pencipta serta lebih mengenal diri kita sendiri.

puasa menjadi komitmen untuk lebih baik

Proses lebih dekat dengan diri sendiri adalah untuk mengetahui apa yang telah kita tinggalkan selama ini dan berupaya untuk memperbaiki segala sifat dan kebiasaan yang kurang baik bagi diri sendiri maupun untuk orang sekitar. It’s all about positivity sebenarnya. Dengan tujuan di penghujung bulan, dalam menyambut hari raya. Hari yang penuh dengan kemenangan, kita bisa menjadi pribadi baru yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Seperti yang sempat dikatakan aktor laga Vin Diesel yang mengagumi puasa Ramadhan yang dijalankan saudaranya. Bulan Ramadhan itu merupakan periode dimana kita sebagai umat muslim diuji untuk bisa berkomitmen menjadi manusia yang lebih baik. Butuh komitmen yang tinggi bukan untuk bisa berpuasa sebulan penuh?

Dan bulan Puasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus, ada begitu banyak kegiatan positif di bulan Ramadhan yang bisa membuat diri menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi dari yang sebelum-sebelumnya.

Bagaimana, sudahkah kamu merasakan perbedaan di bulan puasa ini?

Tinggalkan Balasan