tanda-tanda kulit sensitif dan cara mengatasinya
Kecantikan Kesehatan

Tanda-Tanda Kulit Sensitif dan Cara Mengatasinya

lovelyajmi.com – Pada umumnya, kulit yang sensitif merupakan kulit yang tipis dengan kapiler dibawah lapisan kulit. Kulit sensitif memiliki pori-pori yang tidak baik. Jadi ketika terkena perubahan suhu, kulit sensitif akan dengan mudah menjadi merah.

Kulit sensitif sangat mudah rusak ketika terkena kotoran atau ketika menggunakan produk perawatan yang mengandung bahan yang cukup keras. Jika kulit kamu mengalami gejala ini, kemungkinan besar kamu memiliki kulit sensitif.

Untuk lebih memastikannya, kamu perlu mengetahui ciri-ciri kulit sensitif supaya kamu tahu bagaimana untuk mengatasi masalah tersebut. Hal berikut ini akan menunjukkan kalau kulitmu memang sensitif. Yuk kenali dulu tanda-tandanya dan cari tahu cara mengatasinya!

Tanda-Tanda Kulit Sensitif

Noda Yang Sulit Dihilangkan

Perempuan dengan kondisi kulit sensitif akan mengalami kesulitan saat berusaha menghilangkan noda pada kulit. Seperti noda bekas luka bakar, noda jerawat, atau bekas luka gores akan menghitam dan membuat kulit tampak kusam. Butuh waktu yang lama dan cara tepat untuk menghilangkan noda-noda yang terdapat pada kulit.

Kulit Mudah Mengelupas

Kulit mudah mengelupas tanda kulit sensitif

Kulit yang sensitif juga mudah mengalami alergi atau ketidakcocokan dengan produk kosmetik tertentu. Hasilnya, kulitpun menjadi mudah mengelupas dan tampak kering. Untuk mengatasinya, kamu harus memastikan kalau kulitmu terhidrasi setiap saat. Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung pelembab berbahan alami.

Menjadi Merah Ketika Terkena Sinar Matahari

Sengatan sinar matahari juga akan membuat sulit sensitif mudah menjadi merah. Lebih parahnya lagi, perubahan warna ini juga disertai dengan sensasi rasa terbakar dan perih pada kulit. Tidak mengherankan bila perempuan yang berkulit sensitif harus melindungi kulit secara cermat dari sengatan sinar matahari yang berlebihan.

Baca juga : 7 Cara Ampuh Atasi Kulit Kusam Secara Alami

Kulit Kelihatan Sangat Tipis

Ciri lainnya dari kulit sensitif adalah teksturnya yang tipis. Kulit tipis akan membuat pembuluh darah jadi terlihat jelas. Di samping itu, kulit tipis yang dirawat dengan sembarangan ternyata bisa membuat lebih rentan mengalami memar atau luka gores.

Sering Terasa Gatal

kulit terasa sering gatal tanda kulit sensitif

Ketidakcocokan dengan produk tertentu tidak hanya ditunjukkan oleh tekstur kulit kering atau ruam, melainkan juga kerap terasa gatal. Jadi jangan sampai rasa gatal ini mengganggu kenyamanan.

Itulah beberapa tanda-tanda kulit sensitif, dengan mengetahui tanda-tandanya maka akan semakin mudah kamu untuk melakukan perawatan pada kulitmu. Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi kulit sensitif. Berikut tipsnya!

Cara Mengatasi Kulit Sensitif

Minyak Kelapa

Kamu bisa menggunakan minyak kelapa sebagai perawatan kulit sensitiif, karena secara tidak langsung kulit sensitif membutuhkan kelembaban dan vitamin yang menyehatkan dan itu semua dapat didapatkan dengan menggunakan minyak kelap sebagai konsumsi kulitmu. Caranya cukup mudah, cukup oleskan minyak kelapa pada tubuh terutama pada malam hari, karena malam hari waktu yang bagus untuk kulit berregenerasi.

Vitamin C

buah-buahan mengandung vitamin c yang bagus untuk kulit sensitif

Vitamin C ini sangat cocok digunakan untuk perawatan kulit sensitif. Kulit sensitif biasanya memiliki kulit yang tipis. Sedangkan vitamin C bisa membantu untuk menyembuhkan penipisan pada kulit sehingga kulit akan tebal dan tidak mudah terserang penyakit. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung Vitamin C.

Madu

Dengan sifat inflamasi yang mampu mengatasi peradangan, madu bisa digunakan sebagai pelembut pada wajah dan juga bisa digunakan sebagai pelindung wajah. Madu mampu memelihara kelembaban kulit sehingga kulit sensitif akan lebih terjaga.

Baca juga : Mengonsumsi Sayur Hijau Ternyata Bermanfaat Untuk Kulit

Bubuk Kopi

bubuk kopi untuk mencegah kulit sensitif

Bubuk kopi juga bisa digunakan untuk merawat kulit sensitif, selain madu kamu bisa menggunakan bubuk kopi juga. Namun biasanya ketika menggunakan bubuk kopi kebanyakan juga menggunakan madu sebagai bahan campurannya. Kamu bisa membuat bubuk kopi ini menjadi masker wajah. Jika sudah diaplikasikan, diamkan beberapa menit setelah itu bilas sampai bersih. Lakukan dengan rutin supaya hasilnya lebih maksimal.

Kentang

Kamu juga bisa menggunakan kentang sebagai masker, karena kentang berkhasiat untuk meremajakan kulit. Kentang sangat cocok bila digunakan untuk merawat kulit yang sensitif.

Itulah beberapa tanda-tanda kulit sensitif dan cara mengatasinya secara alami. Kulit sensitif memang membutuhkan perawatan yan lebih intensif. Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan