maag bisa sembuh saat puasa ramadhan
Kesehatan

Ternyata Puasa Ramadhan Bisa Menyembuhkan Penyakit Maag

lovelyajmi.com – Umumnya para penderita maag ragu untuk berpuasa karena takut penyakitnya akan kambuh. Namun ternyata dengan berpuasa justru bisa menyembuhkan sakit maag seseorang. Benarkah itu?

Pada beberapa kasus, justru penderita sakit maag malah tidak membutuhkan obat-obatan untuk mengatasi sakit maag ketika melaksanakan puasa Ramadhan, karena dengan berpuasa membuat pencernaan lebih sehat.

Fakta bahwa puasa bisa menyembuhkan penyakit maag ini dilansir dari penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan. Hasilnya menyebutkan bahwa pada minggu pertama puasa orang normal akan mengalami peningkatan asam lambung setelah siang hari dan terkadang akan merasakan perih.

Kondisi tersebut berangsur stabil setelah minggu kedua dan naik turun asam lambung akan kembali normal setelah satu minggu pasca puasa Ramadhan. Adanya peningkatan asam lambung ini tidak akan merusak dinding lambung bagi orang yang berpuasa. Bagi penderita sakit maag, dianjurkan untuk berpuasa karena puasa akan menyembuhkan sakit maagnya.

maag bisa sembuh saat puasa ramadhan

Penyakit maag terjadi akibat karena adanya gangguan pada lambung, seperti tingginya kadar asam dalam lambung yang mengakibatkan luka. Tingginya kadar asam lambung disebabkan oleh produksi asam yang berlebihan, sedangkan untuk proses penghancuran asam berjalan lambat. Kadar asam yang tinggi ini dipicu oleh adanya kelainan saraf atau infeksi bakteri.

Gejalanya merupakan kumpulan dari beberapa gejala seperti nyeri di ulu hati, mual, muntah, lemas, perut kembung, dan perut terasa penuh. Gangguan pada lambung terkait dengan tingkat keasaman (pH) pada lambung penderita bisa sampai 1 pH (sangat asam) sementara untuk orang sehat umumnya 4-5 pH. Penyakit yang kronis bisa mengakibatkan komplikasi berupa iritasi atau luka pada lambung di satu atau banyak tempat sekaligus. Luka ini menyebabkan rasa perih sebelum atau sesudah makan.

Beberapa dokter memperbolehkan penderita sakit maag menjalankan puasa Ramadhan asalkan sakit maag yang diderita hanya sebatas gangguan fungsional saja. Gangguan fungsional yang dimaksud ini adalah makan secara tidak teratur, makan makanan yang pedas sepanjang hari.

Dengan melakukan puasa, pola makan seseorang menjadi lebih teratur. Dengan pola makan yang teratur pada saat buka puasa dan sahur bagi penderita maag yang sebatas gangguan fungsional malah akan sembuh.

Berikut ini ada beberapa tips bagi penderita maag untuk tetap bisa sehat selama puasa Ramadhan :

makanan yang dihindari penderita maag

  • Hindari mengonsumsi makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung, diantaranya kopi, minuman beralkohol, anggur putih, sari buah citrus, dan susu full cream.
  • Hindari mengonsumsi makanan sumber karbohidrat seperti beras ketan, mie, bihun, jagung, ubi singkong, dan dodol.
  • Hindari makanan yang secara langsung merusak dinding lambung diantaranya mengandung cuka, cabai, merica, dan bumbu lain yang merangsang.
  • Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah, antara lain alkohol, cokelat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.
  • Hindari makanan yang mengandung gas, merangsang pengeluaran asam lambung seperti makanan berlemak, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, dan minuman yang mengandung soda.
  • Hindari makanan yang sulit dicerna yang bisa memperlambat pengosongan lambung, seperti kue tart dan keju.

Bulan Ramadhan merupakan bulan penyembuh bagi penderita penyakit maag karena nafsu makan terkendalikan. Jadwal makan jadi teratur dan nafsu makan dibatasi oleh waktu yakni hanya pada malam hari sehingga nafsu ingin makan berlebihan disiang hari tidak terpenuhi.

Nah, demikian ulasan mengenai penyakit maag yang berpuasa di bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat dan membantu Anda yang sedang mencari informasi seputar penyakit maag yang menjalani puasa Ramadhan.

Tinggalkan Balasan