Menghindari Pakaian Bau
Tips

Tips Cerdas Menghindari Pakaian Bau Di Saat Hujan

lovelyajmi.com – Bulan Mei ini hujan datang seperti kenangan mantan, tiba-tiba datang dengan derasnya dan menghilang begitu saja. Selain mendatangkan kenangan lama ternyata hujan juga menghalangi aktivitas, contoh gampangnya adalah saat akan mencuci baju.

Tiba-tiba hujan datang padahal baru merendam pakaian. Jadi tidak kering dan membuat jemuran pakaian menjadi apek serta tak sedap untuk dipandang.

Hujan memang seringkali menjadi kendala tersendiri bagi sebagian ibu rumah tangga dan anak rantauan alias anak kos. Salah satu yang menjadi kendala ialah pakaian yang sulit untuk kering dan menimbulkan bau apek atau lembab. Masalah tersebut ternyata tak hanya mengganggu kenyamanan tetapi juga bisa mengganggu mood kamu.

Namun Kamu tidak perlu khawatir, karena setiap masalah pasti ada solusinya. Yuk segera tangani masalah cucianmu agar tidak bau saat hujan tiba-tiba datang.

Kamu bisa mengikuti tips cerdas untuk menangani cucianmu agar tidak bau, yang akan saya bagikan dibawah ini :

  • Tambahkan pewangi pakaianSalah  satu cara yang cukup gampang dilakukan agar pakaianmu menjadi wangi meski tak terkena sinar matahari adalah dengan menambahkan pewangi sebelum dijemur. Kamu bisa memilih deterjen ataupun softener dengan aromam yang segar dan kuat seperti lemon.
  • Pastikan tidak ada noda dan sabun yang tertinggal dipakaianSelain tidak terkena sinar matahari, ada faktor lain yang bisa membuat pakaianmu menjadi bau adalah adanya sisa kotoran ataupun sisa dari sabun yang menggumpal pada pakaian. Caranya kamu bisa membersihkan noda-noda pakaian terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke mesin cuci agar noda tersebut tidak sampai menyebar ke baju yang lain. Untuk sabun cuci, ada baiknya kamu memastikan sabun yang sedang kamu masukkan ke dalam mesin cuci tidak sampai menggumpal dan akan berakibat menempel pada bajumu.
  • Pisahkan pakaian sesuai jenis bahan dan beri treatment khususBerilah perhatian khusus  pada pakaian yang bahannya tebal dibanding dengan pakaian bahan yang tipis, karena pakaian berbahan tipis akan lebih mudah kring meski tak terkena sinar matahari. Caranya cukup pisahkan pakaian tebal dan tipis, kemudian lakukan pengeringan 2x di mesin cuci untuk pakaian yang berjenis tebal. Kamu juga bisa menambahkan handuk kering yang tebal ke dalam tabung pengering saat mengeringkan pakaian. Handuk tebal dapat menyerap sisa air yang masih menempel pada pakaianmu.
  • Beri jarak tiap pakaian saat dijemurMeski cucian yang kamu miliki bisa dibilang cukup banyak, jangan sampai satu dan yang lainnya menumpuk dan berakibat susah kering. Biakan pakaianmu bernapas dengan cara menjemurnya dan memberikan jarak tertentu. Pakaian yang menumpuk saat basah akan menimbulkan bau yang tidak sedap.
  • Jangan menepuk-nepuk pakaiankebiasaan menepuk-nepuk pakaian ternyata salah dan bukan solusi yang tepat untuk membuat pakaianmu cepat kering. Karena pakaian basahmu malah akan terkena bakteri serta kuman dari tanganmu yang membuat pakaian tersebut menjadi bau. Membiarkan pakaian kering secara alami seperti terkena angin, itu yang benar.
  • Setrika pakaian saat benar-benar keringKamu merasa tidak sabar menunggu pakaianmu kering? Jangan paksakan menyetrika pakaian basahmu  karena itu akan membuat kondisi kain menjadi lembab dan bau apek. Cukup diamkan pakaianmu beberapa saat di depan kipas, setelah kering baru kamu bisa menyetrikanya.

Dengan melakukan tips cerdas diatas, kini kamu tidak perlu was-was lagi untuk mencuci disaat tiba-tiba turun hujan seharian samapai besoknya.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan